Shelter

Ketika Penyelamat Harus Diselamatkan, Tiga Anggota Tim SAR yang Hilang Telah Ditemukan

By  | 

Penarimba.com- Kabar duka terus datang menyelimuti dunia pendakian gunung belakangan ini.

Sejak beberapa hari lalu, setidaknya sudah ada enam laporan pendaki gunung hilang. Beberapa dari mereka ditemukan selamat, sedangkan sebagian lainnya berakhir tewas.

Masih jelas dalam ingatan peristiwa hilangnya seorang pendaki sekaligus Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) usai turun dari Gunung Tambusisi di Desa Tambayoli, Kecamatan Soyo Jaya, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, pada Senin (6/7/2020).

Pendaki bernama M. Faisal itu kemudian ditemukan meninggal dunia, pada Jumat (10/7/2020). Jasad Faisal ditemukan terapung di permukaan sungai.

Faisal diketahui hanyut ketika sebelumnya berjalan mendahului anggota kelompok pendakian seusai turun dari gunung.

Penemuan jasad Faisal ternyata bukan ujung dari kabar duka. Ternyata, tiga anggota tim gabungan Search And Rescue (SAR) dinyatakan hilang usai melakukan pencarian.

Ketiganya adalah Rahman Saleh (38), Amin Ali (35) dan Rahmat Saputra (33). Ketiga merupakan bagian dari tim yang sebelumnya ikut mencari Faisal.

Mendapat laporan anggota hilang, Kepala SAR Palu Basrano sontak membentuk tim pencari lainnya.

“Tiga orang anggota SAR yang dibentuk untuk mencari pendaki Moh Faisal, sudah kita nyatakan hilang. Besok pencarian ketiganya akan dimulai. Semoga bisa cepat ditemukan,” ujar Basrano kala itu, Jumat (10/7/2020).

Setelah dua hari dicari, ketiga lelaki tersebut akhirnya ditemukan selamat pada Minggu (12/7/2020) sekira pukul 15:00 WITA.

Mereka ditemukan pada koordinat 1°40’14.09″S – 121°20’04.09″E.

Ketiganya adalah Kanit Intel Polsek Soyo Jaya Abdulrahman Saleh serta dua anggota Satpol PP Amin Ali dan Rahmat Saputra.

Anggota tim SAR hilang

Proses penyelamatan anggota tim SAR Palu yang sebelumnya dinyatakan hilang. (Foto: istimewa)

Petugas kemudian langsung mengevakuasi mereka menuju Puskesmas terdekat.

“Tim SAR Gab Search Rescue Unit (SRU) 2 menemukan ketiganya dengan kondisi selamat,” kata Basrano.

Anggota tim SAR hilang

Proses penyelamatan anggota tim SAR Palu yang sebelumnya dinyatakan hilang. (Foto: istimewa)

 

BUKAN PERTAMA KALI TERJADI

Peristiwa anggota tim SAR hilang bukan kali pertama terjadi.

Pada 2009 silam, anggota Tim SAR Jember Irawan alias Lolop (24), juga dilaporkan hilang saat mencari korban banjir di air terjun Antrokan Logan, Hesti Silvia.

Mahasiswi IKIP PGRI Jember itu hilang di Sungai Bedadung Desa Curah Malang Kecamatan Rambipuji, Sabtu (10/1/2009). Sama seperti Faisal, Hesti juga bergabung dengan organisasi Mapala di kampusnya.

 

PULUHAN ANGGOTA TIM SAR HILANG DITERJANG LONGSOR

Tak hanya di dalam negeri, laporan serupa juga datang dari Turki, baru-baru ini.

Namun, jumlah anggota tim SAR yang hilang kala itu mencapai puluhan. Peristiwa itu dilaporkan pada Rabu (5/2/2020) lalu.

Mereka sempat hilang akibat diterjang longsor ketika mencari warga yang sebelumnya juga tertimbun longsor. Tepatnya pada Selasa (4/2/2020) malam.

Bencana salju longsor itu terjadi di Bahcesehir, sebuah kota yang dikelilingi gunung kawasan Provinsi Van, Turki. Longsor mengakibatkan satu unit kendaraan pembersih salju serta satu unit minibus tertimbun salju.

Sopir kendaraan pembersih salju dan tujuh penumpang minibus dilaporkan selamat. Sedangkan lima odang lainnya dinyatakan tewas. Sementara dua dari warga masih hilang.

Kala itu, sekitar 300 anggota tim SAR diterjunkan ke lokasi. Nahas, longsor susulan terjadi hingga mengakibatkan puluhan dari para penyelamat itu dinyatakan hilang.

(IP)

Ido Panukunan Sinaga

Kerap menyemangati diri bahwa tinggi badan bukanlah segalanya. Penulis merupakan mahasiswa semester akhir Departemen Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (FIB USU). Pernah menjabat Ketua Umum Gemapala FIB USU Periode 2018-2019.

1 Comment

  1. Avatar

    Ryan T

    Juli 13, 2020 at 10:34 pm

    Alhamdulillah ketemu. semoga kdpan lbih hati2 n sesuai SOP…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *