Shelter

Menikmati Keindahan Dua Kuntum Bunga Rafflesia yang Kompak Mekar di Hutan Leuser Bukit Lawang

By  | 

Penarimba.com – Dua kuntum Bunga Rafflesia kompak mekar di hutan sekitar Desa Tualang Gepang, Kecamatan Bahorok, Langkat, Sumut, Minggu (5/7/2020).

Lokasi bunga ini tidak jauh dari objek wisata Bukit Lawang.

Pantauan Penarimba.com, kedua kuntum Bunga Rafflesia yang kompak mekar tersebut tumbuh berdekatan. Hanya berjarak kurang sekitar satu meter.

Menurut pemandu wisata setempat, Tommy Hendrix, bunga tidak berbatang dan berdaun itu diperkirakan sudah mekar beberapa hari sebelumnya.

“Minggu lalu kami juga ke sini untuk memantau perkembangannya, tapi saat itu belum mekar,” kata Tommy kepada Penarimba.com beberapa waktu lalu.

Bunga Rafflesia kompak mekar

Dua kuntum Bunga Rafflesia kompak mekar di kawasan Hutan Leuser, Bukit Lawang, Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. (Foto: Dian Gunawan)

Tommy menjelaskan, Bunga Rafflesia (Rafflesia arnoldii) sudah sering ditemukan mekar di lokasi itu.

Keberadaan padma raksasa endemik Pulau Sumatra tersebut merupakan satu di antara daya tarik objek wisata Bukit Lawang, di samping orangutan.

“Di sini memang salah satu lokasi tumbuhnya Bunga Rafflesia, banyak wisatawan asing yang tertarik untuk tracking dari Bukit Lawang kesini,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, terlihat beberapa kuntum Bunga Rafflesia yang belum mekar dan diperkirakan baru saja tumbuh.

Bunga Rafflesia kompak mekar

Bunga Rafflesia yang baru tumbuh. (Foto: Dian Gunawan)

Tommy melanjutkan, Taman Nasional Gunung Leuser merupakan habitat Bunga Rafflesia arnoldii. Hutan lindung ini menyimpan berbagai macam flora dan fauna langka sekaligus terancam punah.

“Memang sudah menjadi salah satu ikon pariwisata di sini (Bukit Lawang),” ujar Tommy.

Bunga Rafflesia

Dua kuntum Bunga Rafflesia kompak mekar. (Foto: Dian Gunawan)

Bunga Rafflesia merupakan jenis bunga yang sering disamakan dengan Bunga Bangkai (Amorphophallus). Hal ini disebabkan kedua tumbuhan itu mengeluarkan aroma busuk menyerupai bau bangkai.

Walau begitu, keduanya adalah spesies berbeda.

Bunga Rafflesia termasuk tumbuhan parasit dari marga Rafflesiaceae.

Layaknya benalu, bunga ini bertahan hidup dengan menyerap nutrisi tumbuhan inangnya, yakni Tetrastigma, sejenis tumbuhan pemanjat dari keluarga anggur-angguran.

Klasifikasi itu jauh berbeda dengan Bunga Bangkai yang merupakan keluarga dari jenis talas-talasan. Tumbuhan ini berasal dari umbi serta memiliki batang dan akar sendiri.

Bunga bangkai memang banyak tumbuh di Indonesia. Di negara ini hidup 26 dari 170 jenis bunga bangkai yang ada di dunia.

Bunga Bangkai

Bunga Bangkai mekar di Kabupaten Karo, beberapa waktu lalu. (Foto: Jusup Sukatendel)

Dari jumlah itu, 18 di antaranya bahkan merupakan tumbuhan endemik.

Beberapa di antara yang umum diketahui adalah raksasa Pulau Sumatera Amorphophallus titanum dan Amorphophallus gigas.

Kemudian ada juga Suweg atau Amorphophallus paeonifolius.

(DG)

Dian Gunawan

Meyakini teori bahwa semua spesies berasal dari laut. Penulis merupakan mantan Ketua Ikatan Mahasiswa Pariwisata Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (FIB USU). Semasa kuliah aktif di organisasi Gemapala FIB USU dan sempat terobsesi mendalami ilmu tidak bernafas selama 50 detik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *