Shelter

Seekor Kucing Emas Terkena Jerat Pemburu Babi Hutan, Kakinya Terancam Diamputasi

By  | 

Penarimba.com – Seekor Kucing Emas terkena jerat yang dipasang pemburu Babi Hutan di kawasan hutan Sungai Dareh Pauah, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (16/6/2020).

Akibatnya, kaki kiri bagian depan Kucing Emas (Cotopuma temminckii) tersebut terluka parah.

Kini, satwa langka yang terancam punah itu terancam diamputasi.

“Jika selama observasi ini semakin memburuk, pilihan terakhir amputasi. Tapi kita berharap bisa segera membaik,” ujar Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Bukitinggi, Vera Chiko dikutip dari Kumparan.com, Rabu (17/6/2020).

Kucing Emas terkena jerat

Petugas mengevakuasi seekor Kucing Emas yang terkena jerat pemburu Babi Hutan di kawasan hutan Sungai Dareh Pauah, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (16/6/2020). (Foto: istimewa)

Kucing Emas yang terkena jerat ini diperkirakan berusia empat tahun dan berjenis kelamin jantan. Bobotnya seberat tujuh kilogram.

Saat ditemukan, kondisi Kucing Emas tersebut sudah tidak berdaya karena tersiksa selama 10 jam akibat jerat. Bahkan, tubuhnya juga sudah dikerubungi lalat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, jerat Babi Hutan itu sengaja dipasang seorang pemburu pada Selasa (16/6/2020). Keesokannya, dia memantau dan justru melihat seekor Kucing Emas yang terjerat.

Dia pun langsung memberi tahu warga mengenai hal ini.

“Kami lakukan evakuasi setelah mendapat informasi dari warga yang melihat adanya satwa terjerat,” kata Vera dikutip dari detik.com.

Kini, dengan kondisi terluka parah, petugas telah mengevakuasi dan membawa Kucing Emas tersebut ke Taman Margasatwa Kinantan Bukittinggi guna diobati.

“Sekarang kita obati dulu. Kita akan lihat perkembangan dan nunggu instruksi dari pimpinan terkait dengan apa yang akan dilakukan terhadap satwa ini,” ujar Vera.

Kucing Emas terkena jerat

Petugas mengevakuasi seekor Kucing Emas yang terkena jerat pemburu Babi Hutan di kawasan hutan Sungai Dareh Pauah, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (16/6/2020). (Foto: istimewa)

Kucing Emas merupakan satwa yang dilindungi oleh undang-undang. Kucing ini masuk dalam daftar hewan rentan punah atau Near Threatened versi International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).

Kabar baiknya, warga di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengaku masih sering melihat kucing tersebut di hutan, seperti yang diberitakan detik.com.

(MN)

Muhammad Noviandi

Penyayang semua jenis spesies di bumi. Penulis sempat aktif dalam kepengurusan Federasi Panjat Tebing Indonesia dan bergabung di organisasi sosial tanggap bencana. Semasa kecil pernah begitu yakin bahwa dirinya masih keturunan Bob Marley.

1 Comment

  1. Avatar

    Adam

    Juni 22, 2020 at 10:10 pm

    Seharusnya ditangkap pemburunya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *